Sebelumnya,
lembaga riset Gartner juga menyatakan bahwa ASUS berhasil mengambil
alih pangsa pasar terbesar notebook di Indonesia dengan 35,1%.
Jakarta, 18 September 2013 -IDC, lembaga analis data terkemuka dunia merilis hasil riset mereka untuk pasar notebook di Indonesia. Dalam laporan tersebut, IDC menyebutkan, pada kuartal kedua 2013, secara total, penjualan notebook di Indonesia mencapai 913.652 unit. Angka ini sedikit mengalami penurunan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang sebesar 976.513.
Dari total penjualan itu, sebanyak 291.236 unit di antaranya adalah produk notebook ASUS. Menurut IDC, catatan tersebut membuat ASUS menjadi produsen notebook terbesar di Indonesia dengan 31,87 persen pasar. Catatan penjualan ini juga cukup jauh meninggalkan angka penjualan produsen yang kini berada di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 181.510 unit atau sekitar 19,87 persen.
Sebagai gambaran, dibanding kuartal sebelumnya, ASUS berhasil meningkatkan penjualan produk notebook. Menurut IDC, jika pada kuartal pertama 2013 ASUS berhasil memasarkan 261.520 unit notebook ke pasaran Indonesia, pada kuartal kedua 2013 angkanya bertambah sebanyak 29.716 unit. Dengan kata lain, ASUS berhasil mendongkrak penjualannya sebesar 11,3 persen.
Serupa dengan analisa yang dilakukan oleh lembaga riset Gartner yang telah diumumkan sebelumnya, peningkatan penjualan ini dicapai di saat terjadi penurunan penjualan notebook di seluruh Indonesia. IDC mencatat, pada kuartal pertama 2013, penjualan notebook di seluruh Indonesia mencapai 976.513 unit. Adapun pada kuartal kedua 2013, penjualannya mencapai angka 913.652 unit.
Turunnya angka total penjualan notebook tersebut dipicu oleh melemahnya penjualan sejumlah produsen notebook utama di Indonesia. Sebagai contoh, IDC menyebutkan, produsen notebook yang kini menempati posisi ke dua dan ke tiga di Indonesia mengalami penurunan penjualan sebesar 35,8 persen dan 7,46 persen dibanding kuartal pertama 2013.
"Hasil laporan IDC ini mengonfirmasikan laporan Gartner beberapa waktu lalu terkait penjualan notebook di pasaran Indonesia," kata Juliana Cen, Manager of Product Management and Marketing, ASUS Indonesia. "Kami menyambut gembira atas pencapaian yang berhasil kami raih. Meskipun sedang terjadi tren penururnan di pasar, kami tetap optimis bahwa kebutuhan pengguna atas perangkat notebook di Indonesia masih sangat tinggi," sebutnya.
Di Indonesia sendiri, IDC melaporkan, penjualan notebook ASUS dari tahun ke tahun menunjukkan tren peningkatan. Dari angka sebesar 598.019 unit di tahun 2011, ASUS berhasil meningkatkan penjualannya menjadi sebanyak 664.020 sepanjang tahun 2012. Di paruh pertama 2013 sendiri, secara total ASUS sudah memasarkan sebanyak 552.756 unit notebook di pasaran Indonesia.
###
Tentang ASUSASUS adalah Top 3 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia, dibuktikan dengan jumlah penjualan terbanyak dan jumlah penghargaan terbanyak. ASUS mendesain dan memproduksi segala jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone.
Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen pada kualitas, ASUS berhasil memenangkan 4,168 penghargaan di 2012, dan dihargai di industri PC dengan produk Eee PC yang revolusioner. Dengan karyawan hingga 12.000 orang ditambah 3.000 insinyur di dalam tim R&D kelas dunia, ASUS adalah perusahaan kelas dunia yang memiliki keuntungan sekitar US$13 miliar di tahun 2012.
Berdasarkan data IDC Q2 2013, ASUS Top 3 Brand Notebook Konsumer Sedunia, juga telah menempati posisi Top 2 Brand Tablet Android Sedunia, dengan tingkat pertumbuhan penjualan yang sangat pesat. Adapun di pasar notebook konsumer global, ASUS menempati posisi TOP 3 Brand ditandai dengan adanya perkembangan yang pesat dalam penjualan notebook ASUS di berbagai wilayah seperti:
1. Sebagai TOP 1 Brand Notebook konsumer Terkemuka di Eropa Timur dan Tengah
2. Sebagai TOP 2 Brand Notebook konsumer Terkemuka di Asia Tenggara dan China
3. Sebagai TOP 3 Brand Notebook konsumer Terkemuka di Eropa Barat
ASUS juga dinobatkan sebagai Indonesia Brand Champion 2012 oleh Markplus Insight dan Marketeers untuk kategori Most Widely Used of Netbook Brand dan juga Most Widely Used of Notebook Brand.
Sumber Asus Indonesia
0 comments:
Post a Comment